Un-Officially S. Farm

Haiiiiii, after a looooooong journey! This day finally come...

Jadi di post ini aku mau cerita suka duka TA2 (Tugas Akhir 2) atau Praktikum TA2 selama 6 bulan belakangan. Judul proposal skripsi di TA1 yang aku ajuin itu "Optimasi Formula Sediaan Lipstik Ekstrak Ubi Jalar Ungu (Ipomea batatas L.) Dengan Kombinasi Basis Beeswax dan Carnauba Wax Menggunakan Metode SLD (Simplex Lattice Design)". Tahap pertama udah ekstraksi, udah ngerjain kadar abu, udah skrining, tapi ternyata........ pas ekstrak ubinya dimasukin ke formula gak bisa keoles. Sedih. Gimana pusing ingin nangis. Masa harus ekstraksi lagi. Males. Beli pelarut lagi. Mahal. Gara-gara ekstraknya di freeze dry, jadinya keras kaya aspal, nggak bisa dipake. Segala macam cara udah dicoba tapi tetep nggak bisa keoles warna ungu. Akhirnya di pertengahan TA2 terpaksa harus ganti judul dan ngerombak draft dari pendahuluan sampe prosedur :') Jadi judul skripsiku berubah "Optimasi Formula Sediaan Lipstik Dengan Kombinasi Basis Beeswax dan Carnauba Wax Menggunakan Metode SLD (Simplex Lattice Design)". Apapun tentang ubi ungu, dihapus :')

Move on, move on. Jangan sedih lagi. Akhirnya praktikum TA2 selesai dan kolokium (seminar hasil penelitian) pun  tiba. Shock karena dapet penguji Pak Eka dan Bu Diar :') Dicerca habis-habisan. "Penelitian ini berapa lama? Typo-nya parah banget." Aku nggak ngerasa dong di draft banyak typo, pas di check ternyata cuma salah titik doang. Jadi di tabel yang seharusnya koma, itu malah titik. Dalem hati bilang, "Bu nggak bisa gitu ngomongnya rada halus dikit. Kan bisa gitu bilang ini harusnya di dalam tabel pakai koma ya bukan titik." Yaudahlah, nasi udah jadi bubur. Ternyata pas sidang nggak dapet penguji Pak Eka dan Bu Diar lagi, Alhamdulillah :')

"Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan." - QS. Alam Nasyroh : 5

Ayat Allah benar. Perjalanan menuju sidang sangat dimudahkan. Dapet 5 penguji yang perkiraan bakal baik. Pak Reza (KBK Ilmu Dasar), Bu Dina (KBK Farmasetika), Bu Kiki (KBK Bahan Alam), Bu Anggi (KBK Kimia), dan Bu Ratu (KBK Farmakologi). Di awal-awal sempet kaget, takut sidang, takut sama penguji, takut dimarahin di ruang sidang, takut dicerca, takut nggak lulus karena pembagian jadwal penguji itu H-3 sidang (Alhamdulillah dapet hari rabu), takut takut takut yang lain, pikiran isinya cuma takut. Kebagian jadwal ketiga dan dua orang sebelumnya bilang kalau pengujinya zonk, disitu langsung takut, tapi cuma bisa pasrah.

Di ruang sidang (lab steril). Pertama natap wajah-wajah dosen pengujiku, subhanallah rasanya aku ingin nangis, tapi nggak bisa, akhirnya ketawa :)) Waktu mau maparin abstrak aja tiba-tiba bingung kata pertamanya apa hahahaha. Akhirnya seingetnya aja dan lancar (lancar capruknya). Dosen pertama yang nguji itu Bu Dina karena aku dari KBK Farset. Lancar. Kedua Pak Reza, nah kalau ini Bapak sempet pundung gara-gara aku cuma bilang kalau lipid cuma punya dua kelompok, sederhana dan kompleks, padahal ditengah-tengah ada turunan lipid yaitu steroid wkwkwk. Maaf ya Pak, tapi sebenernya saya tau :)). Penguji ketiga Bu Ratu. Sesuai ekspektasi banget bakal ditanya tentang kenapa bisa terjadi iritasi beserta reaksi hipersensitivitas. Udah setengah cape, jadi sebagian ada yang lupa, tapi Ibu baik banget, aku ditanya efek samping, efek toksik, sama indeks terapi. Makasih Ibu :') Keempat diuji sama Bu Anggi, ini juga sesuai ekspektasi bakal ditanya tentang pH. Saking udah cape, sampe nggak tau bedain mana asam kuat sama asam lemah. Ka yang harusnya ketetapan disosiasi, aku jawab ketetapan disolusi :'). Terakhir Bu Kiki. Ibu juga baik, semua hampir bisa kejawab, tapi aku lupa C25 itu apa hahaha (harusnya sesterterpen). Selesai dan disuruh moderator buat nutup sidang. Saking cape dan seneng karena sidang lancar, sampe bingung mau ngomong penutupan sidang itu gimana, akhirnya aku ketawa dan ditawarin Pak Reza buat sidang lagi 1 jam, ditawarin minum sama Bu Kiki. Malu wkwkwkwk. Pengujiku baik semua :').

Keluar ruangan sidang dengan muka cerah dan tiba-tiba ada Ojak. Kirain dia nggak akan jadi dateng pas aku sidang karena aku sendiri bilang nggak usah dateng takut sidangnya nggak bisa dan nangis. Alhamdulillah semua berjalan lancar.

Dan hari jumat yang berkah ini, alhamdulillah yudisium. Aku lulus sangat memuaskan walaupun nilainya mepet bentar lagi bisa cumlaude :') It's ok. Harus tetap bersyukur dan semoga yudisium apoteker nanti bisa cumlaude, Aamiin.

Langsung whatsapp mama, papa, sama Ojak kalau aku lulus. Ya ampun rasanya seneng banget tanggung jawab kuliah S1 Farmasi bisa aku selesaiin tepat waktu. Alhamdulillah.

Terimakasih untuk Bu Amila (dosen pembimbing utama) dan Pak Anan (dosen pembimbing serta sekaligus dosen wali) yang sudah temenin dan anterin Wievi sampai dapet S. Farm :') Semoga ilmu yang aku dapet selama kuliah bisa bermanfaat buat aku sendiri dan orang lain, bisa lanjutin kuliah sampai ke S2, Aamiin.

Terimakasih buat mamaku, tanpa diminta pasti doain aku yang selalu rusuh dan riweuh takut sidang ini itu. Dan buat papaku yang jarang nelpon tapi sekalinya nelpon lama banget wkwkwk.

Wievi Werstanti Kuswana, S. Farm.
Temen rusuh, temen belajar, temen hijrah.
Gak ada Ojak, gak rame. Luv. Orang yang pertama banget dihubungin
kalo lagi sedih dan ingin nangis hahaha. Thank you, beb.
Apalagi gak ada muejaaaaa, sepi bgt. Dia paling setia nungguin aku dari
berangkat kuliah sampe pulang kuliah :') Dari pagi ke pagi lagi. Dari tugas
satu ketugas lain. Sayangnya aku, Bebebnya aku.
Aduh salfok sama 'mbe yang ikutan foto wkwkwkwk. 
Cieeee Pany sumringah :)))) Udah gak ceurik lagi wkwkwkwk
Foto sama Bu Nety, dosen kimia organik.
Bunga dari Ojak. Makasih bebskiiii.
Alhamdulillah.

Note: selamat juga buat temen-temen Farmasi 2013 yang sudah berhasil meraih S. Farm-nya. Semoga kita semua bisa jadi orang sukses dengan cara dan jalannya masing-masing dan bisa membanggakan almamater Farmasi Unisba *ceilahhh puitis amat wkwkwk*.

0 comments:

 

wievi's diary Template by Ipietoon Cute Blog Design and Waterpark Gambang