Dream

Beberapa tahun lalu waktu masih jadi anak kuliahan, tiap bulan dikirimin uang sama Mamah, dibeliin ini itu (paling sering beli baju sama sepatu). Sepatu jaman sekarang tuh ya gemes-gemes. Local brand favorite aku itu 13thshoes, udah punya hampir enam atau tujuh pasang sepatu hahaha. Ada lagi dari Chiel Shoes, The Little Things She Needs, sama sepatu-sepatu di Payless. Dari SMA kali ya udah hobi banget jajan sepatu hehehe.

Dari yang tiap hari pake seragam terus tiap hari pake baju bebas dan alhamdulillah akhirnya pakai kerudung. Makin ngerasa, "perasaan kemaren udah pake baju yang ini deh". Makin hari ngerasa kok pake baju yang ini lagi ni lagi yah. Padahal segitu di lemari baju buanyakkkk banget. Tapi punya baju banyak juga itu hampir semuanya lengannya pendek hahaha, maklum yaa dulu waktu SMA nggak pake kerudung. Mau pake baju lengan pendek terus pake jaket atau cardigan lagi rasanya gimana gitu yah, gerah. Aku anaknya rada nggak bisa diem jadi suka gampang keringetan hehe. Akhirnya mulai tuh suka beli baju-baju yang lengannya panjang, terus yang nutupin maaf ya (nutupin pantat). 

Kadang awal bulan pas dikirimin Mamah uang aku suka belanja baju, kalau celana sih ga seberapa ya, selama ini kalau pake celana jeans masih enak-enak aja. Mulai kenal instagram dan follow-follow-in online shop yang suka dipake artis atau selebgram gitu. Aku suka banget sama detail baju yang lucu-lucu, dan pasti dibeli walaupun harganya ga murah. Kalau buat baju-baju yang basic buat dipake sehari-hari gitu aku suka beli di Matahari Dept. Store, disana banyak baju diskon atau beli di pasar minggu pagi yang harganya 50ribuan. Terus mulai suka beli kerudung online, atau kalau lagi ada bazar baju-baju hijab gitu aku suka datengin tuh, selain mau beli baju yang gemes-gemes gitu, aku juga perhatiin bahannya. Belanja sambil belajar pokoknya.

Kuliah semester lima, aku mulai jualan. 

Sebenernya nggak ada niat buat jualan. Bener-bener nggak punya niat jualan (anaknya lebih suka abisin uang daripada cari uang hahahaha). Jadi waktu itu lagi jalan-jalan ke toko-toko kain. Aku mau beli bahan kemeja buat aku sendiri. Sama bapak-bapak yang punya toko disamperinlah aku yang lagi bingung cari bahan karena aku nggak punya pengetahuan sama sekali tentang bahan-bahan (taunya cuma katun, padahal katun banyak jenisnya hahaha). Disana nemu bahan yang mirip banget sama bahan kerudung yang suka aku beli di online shop (mirip, nggak sama). Ternyata gemes-gemes banget warnanya. Disitu aku ditemenin sama Ojak (as always kalo jalan-jalan pasti sama Ojak karena suka lupa taro motor di parkiran dimananya dan biar nggak kaya orang ilang, ada yang bisa diajak ngobrol kalo jalan-jalan). Ternyata per meter-nya lumayan mahal huhuhu. Pantesan kerudung yang aku beli harganya juga mahal (mahal juga dibeli, bahannya super adem dan ngga perlu disetrika, cocok buat kuliah setengah tujuh pagi). Waktu itu nggak bawa uang cash, uang di ATM juga ngga seberapa. Akhirnya setelah diskusi sama Ojak, aku beraniin beli satu warna satu potong dan itu warna-warna basic kaya black, maroon, navy, pink. Total belanja waktu itu kalau nggak salah 630.000 rupiah! Aku minta izin ke bapak yang ngelayanin belanjaanku buat foto-foto katalognya. Terus, si potongan kerudung-kerudung tadi aku jahitin. Besoknya aku ambil dan aku bawa ke kampus hehehe. Antara malu dan nggak percaya diri jualan di kampus. Aku tawarin ke temen-temen kelas. Ada beberapa yang ambil kerudung jualanku, ada juga yang mau warna lain, akhirnya aku bilang PO (Pre Order) dan besok atau lusa aku bawa ke kampus. Udah didata yang mau warna ini itu, pulang kuliah aku langsung pergi ke toko kain. Belum punya uang buat modal belanja. Nekat banget! Aku akhirnya pakai uang tabungan buat ganti kamera dulu. Aku nggak berani bilang ke Mama Papaku kalau aku mau jualan karena takut diomelin "masih kuliah gausah jualan-jualan", jadi yang tau aku jualan itu Ojak dan teman-temanku hahaha. Aku tungguin kerudung-kerudung pesenan temen-temen selesai dijahit sampai malem. "A, masih lama nggak jahitannya? Ngantuk a..."

Tadinya biar temen-temen gampang kalau mau order kerudung, aku bikin instagram khusus buat jualan, tadinya... Lalu semua berubah. Setelah kurang lebih tiga bulan gitu yah, lupa lagi. Aku mulai merambah ke dunia fashion. Dan ternyata dunia fashion itu nggak seindah yang aku bayangin. Produk fashion yang pertama aku buat itu kemeja, satu model cuma bikin dua sampe tiga pcs aja. Ternyata susah banget cari penjahit yang jahitannya bener-bener rapih. Udah nggak rapih, size-nya nggak karuan, dan mahal pula. Produk pertama yang aku bikin bisa dibilang gagal total. Lalu aku bangkit. Waktu itu lagi musim-musimnya kimono outer. Aku coba bikin kimono outer juga dengan penjahit yang berbeda dengan penjahit yang produksi produk pertama. Ternyata... gagal lagi! Disitu aku nangis ke Ojak, "outer sebanyak ini gagal, ini digimanain, uang udah keluar banyak banget..." Akhirnya Ojak nenangin aku dan kita berdua cari penjahit lagi di tempat lain dan dapet. Semua kimono outer itu akhirnya harus dirombak dan harus bayar lagi, sedih! Tapi mau gimana lagi, nggak bisa dijual dan aku nanti nggak balik modal. Akhirnya produk keduaku, si kimono outer itu selesai... Aku foto-foto-in, modelnya temen aku sendiri. Terus aku posting di instagram online shopku. Hmmm kok gak ada yang beli yah, gimana yah biar orang-orang tau produkku? Akhirnya aku kontak salah satu selebgram, Helmi. Jreeeeng.... jrenggg... jreenggg. Setelah produkku dipakai dia, followers instagram online shopku langsung banyak, banyak yang chat juga mau kimono outerku. Alhamdulillah ya Allah. Allah Maha Baik. 

Jualan di online shop itu ternyata nggak mudah ya, sangat-sangat menguras pikiran, tenaga, juga uang. Apalagi buat aku yang istilahnya buta banget soal jenis-jenis kain, harga kain, tentang ukuran-ukuran baju, modal pas-pasan, gagal bikin baju, gagal cari penjahit, panas-panasan, kehujanan, dan lain-lain. 

Alhamdulillah semua proses pahit dan manis itu aku alami dan jadi pembelajaran buatku yang tadinya nggak tau apa-apa tentang dunia bisnis online shop. Dan akhirnya aku kasih tau Mama dan Papaku kalau aku punya bisnis online shop dan mereka ngedukung aku hahahaha. 

Ini aku tulis di tahun 2016
Dan tau nggak? Di tahun 2017 ini, mimpiku terwujud. Aku berhasil beli kain 1 roll per warna. Alhamdulillah. 

Sebagian kain yang ada di kosan, karena sebagian kain sudah habis dan ada yang lagi dijahit juga
Hampir semua produk aku pakai bahan katun, karena nggak bisa dipungkiri katun itu nyaman banget dipakainya. Untuk model baju-bajunya seperti apa, aku selalu ikutin model yang lagi trend aja. Aku sendiri nggak punya ilmu tentang dunia fashion, aku cuma bisa gambar baju dan itupun nggak jelas kayanya cuma aku aja yang ngerti hahaha. Cuma berbekal meteran baju dan baju-baju aku di lemari, aku ukur sendiri, aku kira-kira aja berapa cm wkwkwkw, eitsss jangan khawatir, semua itu aku diskusikan juga sama penjahit bajunya. Alhamdulillah sekarang udah punya penjahit yang jahitannya bener-bener cucok meong, sesuai dengan apa yang aku mau, rapi banget, dan harganya juga sesuai dengan hati aku hahaha. 

Untuk temen-temen yang belum punya usaha, baru mau mulai usaha, atau yang sudah punya usaha, yukkk kita sama-sama semangat buat cari penghasilan sendiri, siapa tau beberapa tahun kemudian kita bisa buka lapangan kerja hehe, Aamiin. 

Sebenernya masih banyak suka duka yang lainnya, tapi pegel juga... Buat yang ingin tanya lebih lanjut bisa kontak e-mailku (ada di Contact Me, klik aja).

Oke cukup sekian ya, terimakasih :)

0 comments:

 

wievi's diary Template by Ipietoon Cute Blog Design and Waterpark Gambang