Yayoi Kusama: Life Is The Heart Of A Rainbow

Hallo gengs!:) Wah ternyata aku udah lama banget ya nggak nulis blog karena kesibukan kuliah profesi hahaha (alibi). Jadi kemarin-kemarin itu aku bosen banget, pingin pergi liburan dan mumpung ada waktu libur dua minggu. Aku nggak pulang ke Lampung karena harus beresin laporan akhir PKPA di Apotek. Karena tempat main di Ciwidey dan Lembang udah pernah dikunjungin, terus pingin naik kereta juga, jadilah pergi ke Jakarta lagi hahaha (selalu deh). Kenapa pilih Jakarta? Karena aku bisa pulang-pergi dan nggak harus nitipin kucingku di petshop.
Terus udah mutusin buat main ke Jakarta, terus bingung mau kemana karena udah bosen banget kalau main ke Dufan dan temen nggak nyaranin buat ke Kota Tua karena katanya kalau weekend kaya cendol. Terus aku cek instagram dan taraaaaaaa... ada Museum Macan dan minggu kemarin itu minggu terakhir sebelum tutup. Akhirnya mulai susun rencana mau hari apa ke Jakarta, terus beli tiket online Museum Macan karena takut banget kehabisan, terus baru beli tiket kereta. Ke Jakarta kemarin aku ditemenin ama si Ojak, hufttt Ojak lagi Ojak lagi hahaha bosen akutu :p

Jadi aku naik kereta jam 05.00 dari Stasiun Bandung. Mandi subuh-subuh dingin banget, beresin kamera dan makeup karena mau pake bedak di kereta aja hehe. Alhamdulillah nggak ketinggalan kereta padahal telat berangkatnya dari kosan (yah maklum kosannya udah pindah ke pinggir hahaha). Suka banget sama pemandangan sepanjang jalan ke Jakarta, sunrise-nya, kabutnya, orang-orang di pasar, dan lain-lain.

Kira-kira jam 8 udah sampe di Gambir. Minggu pagi di Jakarta super sepi, Alhamdulillah. Karena masih semangat, kita lanjut naik busway dari Gambir ke Museum Macan. Sepanjang jalan itu, aku berdiri di busway dan omg telapak tangan langsung merah dong haha. Kita turun di Harmoni dan lanjut jalan kaki panas-panas ke AKR Tower (lokasi Museum Macan). 9.30 pagi di Jakarta rasanya ada dua matahari: panas bettttt, keringetan dan bedak mulai luntur wkwkw.

First sight di Museum Macan tuh "Waw. Kuning semuaaa". Dan aku foto di depan labu yang gede banget. Ini di luar Museum sih jadi boleh pake kamera. Nah labu ini dikasih nama Great Gigantic Pumpkin. Kenapa labu? Karena saat Yayoi Kusama masih remaja di Jepang terjadi perang dan kekurangan pangan. Labu menjadi bahan makanan utama; bahkan keluarga Kusama memiliki ladang labu sendiri. Jadi beliau mulai tertarik dengan bentuk labu yang tak beraturan, berwarna cerah, dan menggambarkan kesederhanaan.

Dots Obsession
Great Gigantic Pumpkin
Habis itu kita titip tas di penitipan karena nggak boleh bawa kamera dan minum. Jadi foto-fotonya pake hp selama di dalam museum. Antrian masuknya lumayan panjang sis. Kita nggak print tiket tapi langsung scan barcode dari hp. Pertama masuk ada bunga polkadot besar. Terus masuk ke Dots Obsession. Disini semuanya warna kuning dan dots hitam.

Kalau ini cuma bisa diliat dari luar, jadi ada lubang kecil gitu dan ini isinya.
Masih di sekitaran Dots Obsession terus aku masuk ke dalam salah satu bolanya. Kita ngantri dan ternyata waktu foto-fotonya cuma 30 detik wkwkwk. Yaudah buru-buru dan cuma dapet dua foto, ini salah satunya. Namanya Infinity Mirrored Room, ini ada di dalem si bola dots kuning. Kecil, tapi serasa besar ya.

Habis dari sini terus lanjut ke Narcissus Garden. Jadi ini semacam bola-bola metalik, bolanya ringan jadi harus hati-hati melangkah ke pelaminan, eeeehhhh.

Narcissus Garden

Statue of Venus Obliterated by Infinity Nets

Pollen

Flame of Life. Ini gambarnya mirip apa coba?

Masuk sini cuma dikasih waktu buat foto-foto 1 menit. Sedih akutu...

Love Forever. Ini sebenernya lukisannya masih banyak
karena panjang banget jd cuma difoto 4 aja hehehe
Love Forever. Tanda dan gambar khas anak-anak karya
Yayoi Kusama yang dibuat pada awal tahun 2000an.
"Aku mau atuh diajak foto berdua....." - Ojak.
Hahaha
My Eternal Soul
Next, masuk ke Infinity Mirorred Room. Antriannya bener-bener bikin pegel (plus lagi halangan hari pertama). Antri 45 menit dan masuk cuma dikasih waktu 15 detik. Sadis ga sihhhh gaisss wkwkwk. Hati-hati masuk sini, karena pinggir kanan kiri depan isinya air hahaha, awas kejebur. Baru cekrek-cekrek beberapa foto udah diketok dan pintu dibuka sama masnya :')

Infinity Mirorred Room

Selanjutnya naik ke lantai atas (lantai 6 gitu kalo gak salah haha). Kita masuk ke The Obliteration Room. Jadi gengs ceritanya waktu Yayoi Kusama masih kecil, dia melihat dunia melalui sebuah layar penuh berisi polkadot mungil yang menyelubungi apapun yang dia lihat dari dinding, langit-langit dan bahkan seluruh tubuhnya. Yayoi Kusama mengundang untuk bergabung dan bersenang-senang, menutupi seluruh mebel dan ruangan dengan polkadot warna-warni. Waktu masuk sini cuma dikasih waktu 3 menit dan maksimal 25 orang, terus dikasih sticker polkadot warna warni buat ditempel di muka atau di baju juga boleh kata mbaknya, tapi sebelum keluar ruangan harus dilepas dulu stickernya.

Aku si ditempel di muka wkwk
Polkadots everywhere. Ruangan ini luas bangettt dan
semuanya ditutupin sama polkadots

"Akhirnya aku diajakin foto juga...." - Ojak.
Wkwkwkwkwkw sad
Habis dari Museum Macan terus kita main ke GI sama PI ya karena sebelahan. Karena udah siang dan panas banget, jadi kita pesen gojek hahaha. Ya ampuuuun, udah pulang pergi naik kereta api eksekutif, jalan-jalannya juga naik gojek cuiiiii wkwkwk, niat ngebolang padahal :))) umur gabisa bohong ya, dulu aja pulang pergi naik busway kuat mau kemana-mana juga hahaha.

Alhamdulillah, seneng banget bisa main lagi ke Jakarta. Kita pulang ke Bandung naik kereta jam 20.00 (karena nggak dapet tiket jam 18.45) dan sampe jam setengah 12 malem :))