Jualan Itu Hobi

Dengan baca judul di atas, kalian akan tahu bahwa aku hobi berjualan, bahkan sejak kecil. Anak kecil jualan apa memang? Yuk disimak, aku akan ceritakan...

Jadi dulu waktu SD (lupa kelas berapa) aku sudah jualan. Aku jualan barang-barang yang pernah aku pakai tapi masih bagus. Istilah jaman sekarang barang preloved kali ya. Dari mulai jepit rambut yang cuma aku pakai sekali doang, terus gelang, pernak pernik yang lucu-lucu, semua aku jualin. Terus yang beli siapa? Yang beli temen-temen alias tetangga rumah aku hahaha. Harganya murce pisan guys cuma 500-2000 rupiah (jaman kapan kaleeee). 

Terus karena Mama dan Papaku memang dagang, jadi aku suka ikut nemenin belanja ini itu. Cape, panas, kesana kemari. Terus dulu aku suka disuruh bantuin ngitung barang-barang, bacain harga-harga barang. Kadang bete, di saat anak-anak lain bisa leluasa bermain, aku cuma di rumah bantuin jualan. Anak-anak lain bisa main sepeda di hari sabtu, aku cuma bisa ada di balik etalase bantuin Papah jualan.

Tapi coba lihat beberapa tahun ke depan. Alhamdulillah. Semua pengorbanan nggak sia-sia. Aku punya sedikit bekal buat memulai usaha, walaupun usaha yang aku rintis beda jauh dengan usaha orang tuaku. 

Cari duit itu susah. Ini yang aku rasain waktu pertama kali jualan kerudung (awal mulai bisnis online shop). Jualin kerudung ke temen kelas itu lumayan mudah ya, karena kenal dan bisa kita paksa buat beli wkwkwkw. Giliran coba jual ke orang lain (olshop) itu susahnya minta ampun. Aku sendiri sampe nangis-nangis tuh sama Ojak, kenapa kok dagangan aku gak laku-laku hahaha. 

Terus kenapa aku pilih Hijab Fashion untuk jadi ladang pencaharianku? Let's see...

Pertama, aku berhijab. Mulai pake kerudung waktu masuk kuliah di Unisba karena anak farmasi wajib pakai kerudung. Pertamanya itu aku lepas pasang (kaya puzzle kitu beb). Kuliah pake kerudung, kalau main nggak pake kerudung. Terus karena rambut aku panjang dan harus dicepol pas pakai kerudung, jadinya tuh pas mau main rambut aku jadi bergelombang gitu, jelek. Bismillah aku akhirnya memantapkan hati buat terus pakai kerudung. Karena mulai belajar pakai kerudung, aku jadinya mulai banyak beli kerudung dan baju-baju yang lengannya panjang (karena gerah pakai baju lengan pendek dan di double sama jaket ituhhh).

Kedua, jualan itu jadi hobiku semenjak disuruh bantuin Mama Papa dagang di rumah. Gimana ya, kaya yang enak gitu tiap hari dapet uang hahaha. Atau kayanya dagang itu sebenernya udah ngalir di dalem darah aku................

Ketiga, aku suka gak tahan kalau liat baju yang lucu-lucu, yang gemes-gemes gitu... Harga berapapun kadang suka dibeli sama aku, tanpa pikir panjang.... That's why, sodara-sodara perempuanku suka menantikan baju-baju bekasku, karena memang gemay-gemay dan kadang cuma aku pakai sekali dua kali aja, bahkan ada yang belum dipake sama sekali....... Ah namanya perempuan. 

Ke empat, aku bisa main kemana pun aku mau. Karena aku harus banget hunting supplier kain which is di Bandung itu buanyakkk banget toko kain. Dulu waktu cari supplier kain itu di Pasar Baru, aku ditemenin Ojak tanya harga-harga kain dari satu toko ke toko lain, dari lantai satu ke lantai yang lain. Cape cuiiiiii. Bolak-balik ke Pasbar, panas-panasan, macet-macetan, sampe muka udah nggak ada bedaknya lagi hahaha. Terus habis beli kain gitu aku bisa main ke Mall, liat-liat model baju lagi trend, pegang-pegang bahan baju. Wahhhh pokoknya banyak banget.

Kelima, aku bisa kenal sama orang-orang baru. Dulu kalau beli baju, sepatu atau tas, aku nggak pernah nawar (kalau beli di toko-toko). Harga berapa aja aku beli, tapi semenjak jualan, aku jadi berani nawar hahaha (nawar harga kain maksudnya). Banyak ketemu orang-orang yang lebih dulu bikin olshop dan sukses. Jadi suka ikutin caranya gimana sih biar orderannya banyak gitu, dan lain-lain. 

Ternyata belajar nggak cuma di kampus aja ya, di luar pun sebenernya kita bisa belajar hal lain. Dan sampai sekarang akupun masih terus belajar, belum bisa di bilang "hebat". 

Ohiya aku pernah dapet pertanyaan, "Wiev, malu nggak sih jualan gitu?" Kenapa harus malu? Kan kita nggak nyolong hahaha. Pertama jualan sih malu, apalagi aku tipe orang balik layar, aku pemalu. Tapi kalau malu terus nanti aku nggak akan maju. Jadi perlahan-lahan aku singkirin rasa malu itu, ya walaupun masih ada sedikit rasa malu. Jangan pernah takut dan malu buat memulai suatu hal yang baru. Kalau aku, anaknya kepo, jadi kalau gak nyobain, aku bakal penasaran seumur hidup aku hahaha.

Jadi gitu gaesssss, hobi aku selain makan bakso adalah jualan........




Pekerjaan paling menyenangkan di dunia 
adalah hobi yang dibayar. - Ridwan Kamil

0 comments:

 

wievi's diary Template by Ipietoon Cute Blog Design and Waterpark Gambang