K-E-J-A-M

Bukan Ojak kok yang kejam. Kali ini aku mau cerita tentang gimana "kejam"-nya dunia perkuliahan. Nggak tau sih kalo di jurusan lain kejam atau enggak. Aku mau cerita tentang gimana persaingan mahasiswa-mahasiswa di jurusan farmasi. Tapi ini sih yang aku rasain aja, kalo yang lain ngerasain juga yah, mungkin memang begitu...

Namanya hidup pasti ada up and down-nya. Pastilah, kehidupan kan seperti roda yang berputar, kadang ada di atas, kadang ada di bawah. Hidup juga pasti harus bersaing, tapi bersaing secara sehat bukan? Nah, kalo pelit gimana tuh? Menurutku kalau bersaing tuh ya kita usaha sendiri, ngerjain apa-apa sendiri, hasilnya buat kita sendiri, tapi orang lain sebagai "musuh" kita harus jadi patokannya. Anggap dia "si musuh" sebagai acuan. "Jadi dia udah ngapain aja sih?", "Oh dia baru segitu. Oke aku harus bisa lebih dari dia". Bersaing disini lebih jadi ke-motivasi diri kita sendiri. Nah kalau pelit tuh... Hmm... Ditanyain tugas udah ngerjain belum, jawabannya "belum". Padahal nggak tentu juga kalau nanyain tugas udah ngerjain atau belum berarti kita mau "nyontek", bisa aja kan kalau emang kita mau samain jawabannya. Siapa tau ada yang salah, mumpung belum dikasih ke dosen. Lagian kalau jawaban dia salah dan jawaban kita bener, untung juga kan dia masih bisa dibenerin jawabannya sebelum dikumpulin ke dosen. Iya aku tau, ngerjain tugas itu capek tapi orang lain malah seenaknya aja ngeliat. Tapi jangan nilai semua orang seperti itu. Bisa aja kita liat tugas cuma mau samain jawabannya aja atau mau liat format jawab tugasnya kaya gimana. Lagian cuma tugas yang dimana nilainya itu sama semua atau cuma beda beberapa poin aja. Kesel nih punya temen yang tipe-tipe kaya gini. Celakanya dikuliahan malah masih dapet temen yang kaya gini. Ngerjain tugas juga bisa bareng-bareng kok, bisa cari jawaban yang bisa bikin jawaban kita makin lengkap. 

Faktanya, itulah yang terjadi di dunia perkuliahan, khususnya di farmasi (yang aku rasain) dan aku nggak tau "fenomena" seperti itu cuma terjadi sama temen-temen aku aja atau terjadi juga sama temen-temen di jurusan lain. Alhamdulillahnya aku masih punya temen lain yang semenjak dipersatukan di kelas yang sama sampe sekarang masih suka tuker-tukeran/liat-liatan tugas (ngebolehin liat jurnal/tugas) tapi nggak "sewot". Buat temen yang satu itu mah... babay!


 

wievi's diary Template by Ipietoon Cute Blog Design and Waterpark Gambang